New Normal, Bandara Changi Hadirkan Fasilitas Contactless

Bandara Changi PTR Foto

Menyandang predikat sebagai bandara terbaik dunia, Changi Airport tak henti-hentinya menghadirkan inovasi baru bagi para penumpang. Bandara tersibuk di Singapura itu kini menghadirkan fasilitas contactless bagi para penumpangnya dalam rangka memutus rantai penyebaran virus corona.

Executive Vice President Changi Airport Group’s, Tan Lye Teck, mengatakan penumpang mengharapkan bandara dapat memberikan standar keselamatan dan kebersihan tertinggi untuk memberi mereka ketenangan pikiran selama perjalanan mereka.
Fasilitas contactless di Bandara Changi

"Kami akan dengan cepat membawa langkah-langkah baru saat memasuki normal baru untuk perjalanan udara. CAG akan bekerja dengan mitra penerbangan lainnya untuk menanamkan rasa percaya diri yang tinggi di antara para wisatawan yang melewati Bandara Changi ketika perjalanan udara akhirnya dilanjutkan," kata Tan Lye Teck, seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima

Adapun fasilitas contactless yang dihadirkan di Bandara Changi nantinya sudah bisa ditemukan di tempat check-in penumpang. Di konter check-in otomatis bandara, akan ada sensor proximity yang memungkinkan pengunjung tanpa menyentuh layar saat melakukan check-in.

Fasilitas contactless di Bandara Changi 
Selain itu, untuk pertama kalinya Bandara Changi juga akan menggunakan sensor infra merah di konter-konter check-in, sehingga pengunjung bisa memilih rangkaian perjalanan mereka tanpa harus menyentuh layar.

Fasilitas selanjutnya adalah, di konter layananan penumpang (customer service) juga akan diberi penghalang akrilik untuk meminimalisir kontak antara penumpang dan petugas di bandara. Hal tersebut juga berlaku di pintu-pintu pengecekan imigrasi.

Fasilitas contactless di Bandara Changi

Pos-pos imigrasi di Bandara Changi juga dilengkapi dengan sistem biometrik baru yang menggunakan teknologi pengenalan wajah dan mata sebagai sarana utama untuk verifikasi identitas. Itu menggantikan pemindaian sidik jari yang sebelumnya diberlakukan.
Selain itu, untuk memberikan rasa aman dan nyaman di bandara. Changi Airport juga akan melakukan pembersihan dan penyemprotan disinfektan secara berkala dengan menggunakan robot otomatis.
Fasilitas contactless di Bandara Changi

Changi Airport juga menguji penggunaan LED ultraviolet-C (UV-C) untuk mendisinfeksi pegangan eskalator dan travellator dengan cara yang aman.
Percobaan juga sedang dilakukan pada penggunaan teknologi inframerah tanpa kontak untuk lift penumpang, di mana para wisatawan hanya perlu mendekatkan jari mereka ke tombol lift untuk mengaktifkannya.

Fasilitas contactless di Bandara Changi

Inovasi ini dibangun di atas tindakan pencegahan Bandara Changi yang sebelumnya telah diperkenalkan terhadap COVID-19.
Saat dibuka kembali, Changi Airport juga akan mewajibkan pengecekan suhu wisatawan di pintu-pintu masuk utama, penerapan jarak atau physical distancing, hingga wajib mengenakan masker oleh penumpang dan staf saat berada di bandara.








Post a Comment

0 Comments