Hadapi New Normal, HIPMI Bikin Ekosistem Digital untuk Anggota

Ketua Umum HIPMI Mardani Maming saat menjadi pembicara dalam acara Digital Transformation For Indonesian Economy di Hotel Kempinski, Jakarta, Rabu, 11 Maret 2020. TEMPO/M Taufan Rengganis

Jakarta - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) tengah mengembangkan ekosistem digital bagi ribuan pengusaha yang menjadi anggota mereka. Ekosistem ini diciptakan untuk menghadapi masa new normal.

"Ke depan harus terus beradaptasi dengan teknologi, kalau dulu bisnisnya konvensional, maka di new normal harus adaptasi marketing digital," kata Ketua Hipmi Mardani H. Maning saat dihubungi di Jakarta, Kamis, 4 Juni 2020.

Saat ini, pemerintah telah bersiap untuk menerapkan new normal di tengah pandemi Covid-19. Meski belum diumumkan secara resmi, tapi persiapan sudah mulai dilakukan.

Salah satunya PNS yang pada hari ini mulai menerapkan pola kerja new normal. Lalu hari ini, Solat Jumat dengan protokol new normal juga dimulai di Masjid Al-Azhar, Jakarta Selatan, dipimpin Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Lebih lanjut, untuk mewujudkan ekosistem ini, HIPMI pun telah memulai melakukan pelatihan bisnis bagi anggota mereka. Lalu, mereka juga dihubungkan satu sama lain. "Jadi misal A mengambil bahan baku ke B, ini ekosistem yang kami ciptakan," kata dia.

Akan tetapi, CEO Enam Sembilan Group ini mengakui pengusaha belum bisa berekspansi lebih jauh meski ada new normal. Saat ini, pengusaha sangat berhati-hati dalam investasi. "Pandemi ini lebih baik survive, sehat-sehat dulu lah," kata dia.

sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1350101/hadapi-new-normal-hipmi-bikin-ekosistem-digital-untuk-anggota/full&view=ok

Post a Comment

0 Comments